Waktu begitu berharga bagi seorang remaja muslim. Dapat dilihat,
kebanyakan kita kurang dapat memenej waktu dengan baik. Akhirnya, semua
tugas jadi tertunda dan tertunda. Jadinya menumpuk dan urusan yang lebih
urgent jadi terbengkalai. Berikut ada tips bagus yang bermanfaat bagi
kita untuk memenej waktu.
1. Use a To Do List
Buat daftar kegiatan yang harus kamu lakukan. Tidak hanya sebagai
pengingat tapi juga sebagai alat agar kita bisa mengatur waktu kapan
harus selesai dan berapa lama kegiatan itu dikerjakan
2. Get Set In Your Ways
Buat rutinitas harian kamu dengan detail. Manajemen waktu yang baik itu menunjukkan organisasi yang baik pula.
3. Break It Up!
Pecahkan tugas besar kamu menjadi tugas-tugas kecil agar memudahkan
kamu untuk menyelesaikannya karena kamu sudah menyelesaikan tiap langkah
satu persatu.
4. Be Realistic
Jangan memasang target waktu yang tidak masuk akal, berikan waktu tambahan dari estimasi waktu yang diperkirakan.
5. Pick Up a Good Habit
Buat kebiasaan baru yang bisa membuat waktu kamu lebih berharga.
6. Big Messes Start With Little Piles
Selesaikan pekerjaan kamu. Buang segala sesuatu yang tidak dibutuhkan
lagi begitu kamu sudah menggunakannya sebelum itu memenuhi ruangan.
7. Start Tomorrow Tonight!
Biasakan untuk mempersiapkan hal-hal yang akan dilakukan besok pada
malam sebelumnya, seperti mempersiapkan baju yang akan dipakai besok
atau menaruh semua hal yang akan diperlukan pada tempatnya, karena ini
akan membuat waktu kita lebih efisien.
8. Don’t Forget To Write Yourself a Note
Gunakan reminder (pengingat) pada To Do List utama kamu. Gunakan HP atau alarm jam tangan!
9. Schedule a Task
Hal termudah untuk dapat mengerjakan apa yang ingin kamu kerjakan ialah membuat jadwal.
10. First Things First
Buat prioritas pekerjaan lalu buat jadwal pada waktu yang sesuai.
Menurut pengarang buku “Seven Habits” Stephen R. Covey ada 4 level
kepentingan dengan mempertimbangkan dua aspek, urgency (kemendesakan)
dan importancy (kepentingan) yaitu: (1) urgent dan important, (2) tidak
urgent tapi important, (3) urgent tapi tidak important, (4) tidak urgent
dan tidak important.
11. Learn to Say No!
Belajar untuk menolak ajakan yang tidak penting dan dapat menggangu
tapi lakukan dengan sopan. Kita harus fokus terhadap waktu kita. Stay
focus!
12. The Pause that Refreshes
Buat jeda waktu untuk istirahat pada jadwalmu. Ini akan membuat kita refresh dan fokus akan “Apa yang dilakukan selanjutnya?”
13. Be Flexible
Untuk membiasakan diri dengan manajemen waktu yang efektif
membutuhkan waktu yang tidak singkat.Jika ada pekerjaan yang tidak bisa
dikerjakan tepat waktu, jadikan jadwal kamu fleksibel dengan waktu yang
ada.
0 komentar:
Posting Komentar